Membuat Animasi Blur dengan Macromedia Flash 8


Membuat Animasi Blur dengan Macromedia Flash 8
Untuk membuat animasi blur saya cukup memanfaatkan fitur Timeline Effect yang dimiliki Macromedia Flash 8. Dengan efek tersebut saya tidak usah repot-repot membuat animasi tiap frame. Sebenarnya jika kreatifitas anda sangat tinggi, anda bisa membuatnya tiap frame. Itupun jika anda memiliki banyak waktu.
Berikut langkah-langkah bagaimana saya membuat animasi efek blur dengan menggunakan Macromedia Flash 8.
Pertama, saya membuat sebuah objek kotak berdimensi 200 X 200, properti: fill color merah, stroke weight hitam berketebalan 5px dengan menggunakan Rectangle Tool seperti ini:
Tips:
Untuk membuat sebuah objek kotak dengan sisi-sisi yang sama panjang (persegi) ketika anda men-drag mouse, tekan tombol SHIFT. Atau anda bisa atur dimensinya dengan mengetikkan angka setelah selesai membuat objek. Caranya: Seleksi objek terlebih dahulu > Tekan tombol CTRL+I atau klik menu Window > Info > Pada kotak Weight dan Height isikan nilai yang sama sesuai keinginan anda.
Langkah kedua, seleksi objek kemudian klik Menu Insert > Timeline Effect > Effect > Blur. Kemudian akan muncul kotak dialog blur yang berisi blur setting dan jendela preview.
Effect > Blur" id="BLOGGER_PHOTO_ID_5286945521901070306" border="0">
Saya tinggal mengklik tombol OK karena settingan defauld sudah cocok bagi saya.
Tips:
Hal yang paling penting dalam blur setting adalah Effect Duration. Effect Duration merupakan durasi waktu efek blur yang kita terapkan pada objek. Nah, yang perlu kita ketahui adalah frame rate dokumen yang dipakai. Kita dapat mengetahui dan menentukan frame rate dengan cara klik kanan pada dokumen kemudian pilih Dokumen Properties...
Jika frame rate yang saya gunakan adalah 12 fps maka angka yang harus saya isikan pada Effect Duration dalam kotak dialog Blur adalah 12 agar durasi efek blur berjalan dalam waktu 1 detik. Jika saya menginginkan 2 detik maka frame rate harus dikalikan dengan 2 (12 x 2 = 24 frame).
Sebuah animasi efek blur telah selesai saya buat. Untuk melihat hasilnya, saya tinggal menyimpannya dan saya akhiri dengan menekan tombol CTRL+ENTER.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara membuat multi pencarian kategori.php

pengertian dan fungsi action script

Shortcut keyboard macromedia flash 8